Jumat, 25 Maret 2016

Persiapan Fisik dan Mental Dalam Beribadah Umroh


Bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Surabaya dan sekitarnya sebenarnya memiliki cukup banyak pilihan dalam memilih travel yang menyediakan paket umroh yang aman dan murah. Sehingga tidaklah mengherankan bila ada banyak juga calon jemaah umroh yang berasal dari dari luar kota Surabaya. Namun selain memilih paket umroh di Surabaya yang aman dan murah, persiapan materil dan fisik dalam rangka menjalani rangakai ritual ibadah umroh juga penting untuk Anda perhatikan, karena selain Mekkah dan Madinah memiliki cuaca dan suhu yang berbeda dengan kondisi di tanah air, kesiapan material dan fisik yang prima juga dapat membuat ibadah berjalan lancar dan khusyuk.

Persiapan Fisik dan Mental Dalam Beribadah Umroh

Persiapan Fisik dan Mental dalam beribadah Umroh

Cuaca panas yang bisa mencapai 40 derajat celcius di kota Mekkah, akan cukup berpengaruh pada fisik Anda saat menjalankan rangkaian ibadah umroh seperti tawaf 7 kali putaran, Sa’i dari bukit Safa ke Marwa 7 kali bolak balik, dan perjalanan dari hotel ke mesjid akan membuat Anda harus berjalan sampai puluhan kilometer, tanpa kondisi fisik yang bugar akan sulit melakukan rangkaian ritual ibadah tersebut dengan baik, untuk itu  berikut ini beberapa persiapan fisik yang sebaiknya Anda lakukan sebelum berangkat umroh, yaitu :
  1. Melakukan aktivitas olahraga secara teratur, terutama berjalan dan jogging.
  2. Menjalankan pola makan yang sehat, agar bisa menjaga kondisi kesehatan dan tubuh tetap sehat dan kuat, jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak, minyak dan lebih banyak mengkonsumsi air putih.
  3. Memeriksakan kesehatan secara menyeluruh (general check up) agar bisa mengetahui bila ternyata ada gangguan kesehatan dan bisa segera diatasi sejak dini.
  4. Khusus bagi wanita sebaiknya melakukan pemeriksaan kehamilan, karena wanita hamil tidak disarankan untuk tidak berangkat umroh, kecuali dengan izin dari dokter dan mengatahui tindakan yang harus dilakukan agar kandungan tetap aman.
  5. Salah satu aktivitas yang akan dilakukan saat menjalankan ritual ibadah umroh adalah berjalaln di tengah terik panas matahari, maka untuk dapat beradaptasi, ada baiknya bila 2-3 minggu sebelum keberangkatan Anda mulai membiasakan untuk berjalan dibawah terik matahari 10-15 menit, agar lebih mudah menyesuaikan diri saat berada di tanah suci.
  6. Salah satu cara untuk mempertahankan daya tahan tubuh dari berbagai serangan virus adalah dengan melakukan vaksinasi, salah satu jenis vaksinasi yang biasanya dianjurkan untuk dilakukan adalah vaksin meningitis.

 "Baca juga : Travel Haji dan Umroh Jombang, Jawa Timur"

Persiapan Mental Untuk Menjalankan Ibadah Umroh

Setelah mengetahui persiapan fisik diatas, maka selanjutnya adalah mengetahui persiapan mental untuk melancarkan ibadah umroh, yaitu :
  1. Meluruskan niat menjalankan ibadah umroh semata-mata untuk mengharapkan ridho Allah, bukan karena sikap sombong, riya, atau ujub.
  2. Melatih diri untuk menjadi pribadi yang lebih sabar dan berserah diri pada Allah (tawakkal), di tanah suci nanti Anda akan melakukan ibadah umroh bersama-sama dengan ribuan orang dengan karakter dan latar belakang yang berbeda dan seringkali akan menguji kesabaran Anda. belum lagi perasaan yang kurang tenang dan lelah karena harus jauh dari keluarga.
  3. Meningkatkan ibadah wajib dan sunnah karena perjalanan umroh merupakan upaya untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. Sehingga sangat baik bila dimulai dengan keihlasan untuk beribadah, pikiran yang tenang, jiwa yang bersih, hati yang palang, serta perkataan dan tindakan yang terjaga dengan baik. Memperbanyak berzikir dan istigfar.
Demikianlah persiapan fisik dan mental yang penting untuk Anda perhatikan saat akan menjalankan ibadah umroh. Dengan kondisi fisik dan metal yang baik di tambah dengan pemilihan paket umroh di Surabaya yang tepat dan aman, maka semoga perjalanan ibadah umroh Anda bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Persiapan Fisik dan Mental Dalam Beribadah Umroh

Tidak ada komentar :

Posting Komentar